Duta Wisata Blitar

Posted by Diposting oleh patria On 04.10


Pemilihan putra putri daerah sebagai duta wisata terdapat pada setiap wilayah. Di Jakarta terkenal dengan ajang Abang None, Cak dan Ning (Surabaya), Raka Raki (Propinsi Jatim), begitu pula di Kota Blitar terdapat ajang serupa, yakni Kangmas Diajeng. Tidak ada perbedaan secara prinsip dari ajang pemilihan tersebut. Pada dasarnya yang terpilih sebagai pemenang tentu berparas cantik dan tampan. Khusus putri, ada tingkatan bertahap setelah menjadi pemenang.
Pemenang tingkat lokal akan berlaga di tingkat regional, kemudian ke tingkat nasional (Puteri Indonesia) untuk kemudian meningkat ke taraf internasional (Miss Universe).

Tidak mudah memilih pemenang dari sekian pilihan yang cantik dan tampan. Dan tentu panitia tidak hanya berpedoman pada keunggulan secara fisik saja. Inner beauty dan Inner handsome masuk menjadi kriteria utama. Pertanyaannya adalah, bisakah menjatuhkan pilihan terbaik untuk menjadi seorang pemenang hanya dalam waktu kurang dari dua bulan? Inner beauty dan Inner handsome bukan hanya kecerdasan, tetapi juga perilaku sehari-hari yang bisa dijadikan suri tauladan bagi orang lain. Dan itu tidak mungkin dinilai hanya pada saat karantina peserta.

Kota Blitar menjadikan ajang Pemilihan Kangmas Diajeng sebagai agenda tahunan. Acara ini bertujuan untuk memberikan peluang seluas-luasnya pada generasi muda berperan aktif dalam pembangunan daerah dan menguatkan citra positif pariwisata Kota Blitar sebagai daerah tujuan wisata. Melalui acara ini diharapkan terpilih duta wisata yang mampu mempromosikan pariwisata Kota Blitar.

Disamping itu Pemilihan Kang Mas Diajeng ini merupakan sarana pengembangan potensi, bakat, kreatifitas, kecerdasan para generasi muda. Sehingga melalui ajang ini mereka yang terpilih memiliki disiplin, dedikasi dan tanggung jawab yang tinggi untuk membantu Pemerintah Kota Blitar dalam mendorong pencapaian visi misi Kota Blitar. Mereka yang dipilih akan bertugas secara luas sebagai Duta Visi Kota Blitar.

Untuk tahun 2009 tema Pemilihan Kangmas Diajeng Kota Blitar adalah The Power of Branding. Secara harfiah bisa diartikan Kangmas Diajeng terpilih nantinya harus memiliki citra diri yang berani, cerdas, dinamis dalam mempromosikan pariwisata Kota Blitar, menuju Kota Blitar sebagai Daerah Tujuan Wisata (DTW).

Sungguh, bukan tugas yang mudah. Namun ketidakmudahan itu hendaknya bagi generasi muda Kota Blitar bisa dijadikan tantangan. Sebuah tantangan awal yang akan menjadi modal utama dalam menjalani hidup ditengah masyarakat yang heterogen ini.

0 komentar

Posting Komentar